Cara Membuat Agar Agar Santan Yang Mudah Dan Enak

Cara membuat agar agar santan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan agar agar pada umumnya namun dengan tambahan santan di atasnya akan menciptakan tampilan yang menarik seta cita rasa yang pastinya sangat enak, dan proses pembuatannya pun tidak begitu sulit hanya memberi tambahan santan kental pada saat merebusnya, namun sebenarnya selain agar agar santan ada berbagai farian yang bisa Anda ciptakan untuk bahan tambahan agar agar ini seperti  agar agar coklat, agar agar milo, agar agar nutrijel dan pandan, mungkin Anda pernah membuat salah satu di antaranya atau hanya sekedar mencicipinya, namun yang akan kita bahas di kesempatan kali ini adalah agar agar santan, nah mungkin yang menjadi pertanyaan apa saja yang perlu di persiapkan untuk bahan bahannya dan bagai mana cara mengolahnya.

Cara Membuat Agar Agar Santan

Berikut cara membuat agar agar santan kesukaan Anda:


Bahan:
  • 600 ml air
  • 1/2 sendok teh garam
  • Santan kental 200 ml
  • 150g gula pasir
  • Untuk menambah cita rasa tambahkan dua ikat daun pandan
  • Agar agar satu bungkus untuk masalah warna dan rasa bisa Anda sesuaikan sendiri

Cara pembuatan:
  • Panaskan air diatas api kecil dengan tambahan gula pasir dan agar agar, sambil di aduk dengan perlahan dengan tujuan supaya adonan tidak menggumpal dan tidak pecah.
  • Masukan daun pandan sambil terus di aduk sampai adonan mendidih.
  • Setelah adonan kelihatan mendidih tuangkan santan kental sambil di aduk perlahan tidak lain adalah supaya santan bercampur dengan merata dan adonan tidak pecah, juga masukan garamnya.
  • Nah sekarang setelah adonan bercampur rata saatnya adonan tersebut di tuangkan pada loyang atau cetakan yang sudah Anda siapkan.
  • Setelah selesai di tuangkan pada wadah diamkan sampai dingin bisa di masukan ke dalam kulkas atau dengan membiarkannya dingin dengan sendirinya. 

Setelah berhasil membuat agar agar santan sekarang Anda tinggal menyajikan nya, pada umumnya agar agar ini sering di hidangkan sebagai makanan penutup namun bagi Anda yang memang menjadkan agar agar ini sebagi salah satu makann favorit Anda bisa menyajikan nya kapan dan di manapun Anda mau.

Selain agar agar santan yang Anda pelajari coba juga untuk membuat agar agar busa, atau agar agar gula merah, dan jika Anda suka dengan buah bisa juga menjadikan buah buahan kesukaan Anda sebagi bahan tambahan lainnya, dan cara pembuatanya pun tidak jauh berbeda hanya sedikit bahan tambahan yang di butuhkan dan saya jamin pasti Anda mampu membuatnya.

Ok mungkin hanya segitu pada kesempatan kali ini yang bisa saya sampaikan mudah mudahkan kita di pertemukan lagi di lain kesempatan untuk resep dan cara membuat agar agar dengan menu dan tampilan yang berbeda, mudah mudahan bisa bermanfaat info mengenai cara membuat agar agar santan di atas sekian dan terima kasih. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »